You are here:  / Artikel / Photo Story / Taman Nasional / Masyarakat Hortikultura (Photo Story TN Gunung Rinjani Bagian 1)

Masyarakat Hortikultura (Photo Story TN Gunung Rinjani Bagian 1)

masyarakat hortikultura

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa kaki Gunung Rinjani memang menjanjikan tanah yang subur bagi masyarakat sekitar. Perwujudan antusias masyarakat pada sektor hortikultura dapat dilihat di salah satu desa yang terletak di kaki gunung rinjani dan berbatasan dengan kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yakni Desa Sembalun. Desa Sembalun menjadi salah satu desa penghasil komoditi perkebunan terbesar di Kabupaten Lombok Timur. Lazim saja karena lahan sawah dan perkebunan yang tersedia cukup luas sehingga membuka peluang bagi masyarakat desa dalam bercocok tanam.
Masyarakat sekitar gunung rinjani memberikan gambaran bahwasanya selain memberikan fungsi ekologis,alam juga mampu memberikan nilai guna lain khususnya dalam hal mensejahterakan kehidupan masyarakat sekitar. Dari nilai itulah diharapkan munculnya sebuah pemikiran dan komitemen masyarakat untuk menjaga alam agar tetap ada sebagaimana mestinya. Jika tidak demikian,kelak kita akan tahu siapa sebenarnya yang akan dirugikan.

Photo by : Muhammad Rafi’ul Aziz

Narahubung Mapala Silvagama | TIm Ekspedisi 50 Taman Nasional

LEAVE A REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked ( required )

Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada
Jalan Agro No.1, Bulaksumur, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp +6283838654298 (Humas Mapala Silvagama
info : mapalasilvagama@gmail.com