You are here:  / Artikel / Photo Story / Merapi (Photo Story TN Gunung Merapi Bagian 1)

Merapi (Photo Story TN Gunung Merapi Bagian 1)

12391306_626069884198483_3046764216433059524_n

MERAPI. Akhir tahun 2015 menjadi awal perjalanan kami menjelajahi taman nasional di Pulau Jawa. Taman Nasional Gunung Merapi menjadi pembuka cerita, tentang ekosistem asli yang masih tersisa di Pulau Jawa. Sebuah pulau yang hingga kini masih menjadi pulau dengan penduduk terpadat di Indonesia.
Di pulau yang menjadi pusat pemerintahan, perdagangan, perindustrian serta banyak aspek vital negara kita ini, kini telah disesaki oleh berbagai hal yang erat kaitannya dengan modernitas. Jumlah manusia yang semakin bertambah secara perlahan namun pasti terus merangsek, membuat ekosistem-ekosistem asli yang tersisa di pulau ini semakin terdesak. Simpanan hutan dan kehidupan liar asli Pulau Jawa kini telah terkepung dinding-dinding beton maupun aktivitas manusia, salah satunya Taman Nasional Gunung Merapi.
Termasuk dalam jajaran gunung berapi paling aktif di Indonesia, Merapi tak bisa dilepaskan dari ancaman erupsi yang terus mengintai. Masih lekat dalam ingatan, pada tahun 2010 lalu Gunung Merapi mengalami erupsi. Letusan yang tergolong besar ini telah menggemparkan masyarakat Yogyakarta. Tak sedikit korban jiwa dalam bencana ini, begitu juga dengan kerugian materil yang tak lagi terhitung.
Dibalik kengeriannya itu, Merapi tetap memikat bagi para pendaki. Bukan hanya pendaki lokal saja, bahkan tak sedikit juga pendaki mancanegara yang telah menjejakkan kakinya disini. Namun, berbicata tentang Merapi apakah hanya soal erupsi dan pendakiannya saja ?
Photo by : Feny Endah Y.
Text by : Novitasari Ratna D.

 

Humas Mapala Silvagama

LEAVE A REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked ( required )

Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada
Jalan Agro No.1, Bulaksumur, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp +6283838654298 (Humas Mapala Silvagama
info : mapalasilvagama@gmail.com